Bisnis Mudah dengan Penghasilan yang Besar


Apa itu CPA Marketing?

Anda yang sudah sering berkelana di internet sebagai seorang publisher atau marketer pasti sering mendengar istilah CPA atau Cost Per Action. Banyak orang yang bilang kalau model bisnis CPA marketing merupakan salah satu yang dibilang paling mudah dan menguntungkan.

Tapi apa sih CPA itu?

Jadi, pada dasarnya, CPA atau Cost Per Action atay Cost Per Acquisition adalah turunan dari Affiliate Marketing. Istilah keduanya sering bertukar. CPA Marketing merupakan salah satu cara terbaik ang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rataan komisinya yang besar. Model bisnis yang seperti ini menjadi popular karena fleksibel dan tanpa adanya ikatan.
Mari kita bahas lebih lanjut seperti apa konsepnya dan apa saja kelebihannya dibandingkan model bisnis yang lainnya.   
            
Konsep CPA dan Affiliate Marketing

Jadi Affiliate Marketing adalah bentuk pemasaran dimana kita memasarkan produk orang lain kemudian kita akan diberikan komisi dalam model CPA (biaya per akuisisi). Jadi bisa disimpulkan Affiliate Marketing adalah nama industrinya, dan CPA adalah model komisinya. Tapi dalam prakteknya tidak demikian, pengertian istilah dari affiliate marketing yang kita kenal saat ini seperti ini :



Affiliate marketing lebih sering digunakan untuk penjualan produk seperti gambar di atas, sedangkan CPA untuk action atau tindakan. Jadi bisa dibilang CPA adalah affiliate marketing, tapi affiliate marketing bukan haya CPA.

Perlu diingat semuanya ini merupakan istilah yang masih ambigu. Selain itu, ketika memasuki dunia CPA anda juga akan menemukan beberapa istilah turunan lainnya seperti CPI, PPD, CPL, dan sejenisnya dan pembedanya adalah action yang dimaksud tadi.

Ada apa saja action tersebut?

  1. Mengisi form pendaftaran
  2. Mendaftarkan alamat email
  3. Mengisi survei
  4. Memberikan informasi kartu kredit
  5. Menguduh file
  6. Subscribe atau berlangganan terhadap suatu layanan
  7. Menginstall software atau aplikasi sering jugad disebut CPI atau Cost Per Install.

Dalam CPA marketing, kita akan “merayu” orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali berhasil, maka kita akan mendapatkan komisi. Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan ada juga yang lebih.

Semakin sulit syarat penyelesaiannya, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil (sekitar $1-$2 untuk orang US) daripada informasi kartu kredit.

Mengapa komisi dari CPA tinggi?

Kalau anda pernah menjadi publisher iklan, pastinya heran mengapa komisinya sangat jauh bahkan untuk action yang sepele seperti pendaftaran email. Ini alasannya. Mari kita lihat gambar rantai pemasaran produk secara online. Affiliate marketer berada di tingkat ketiga, sementara publisher iklan berada di tingkat terakhir.




Jalan ceritanya seperti ini:

Misalkan seorang pemilik produk, Pak A, ingin memasarkan produknya dengan metode CPA.

Maka ia mendaftarkan produknya ke CPA network yang berperan sebagai makelar agar para affiliate marketer bisa memasarkan produk Pak A. CPA Network akan mendapatkan komisi sekitar 1-10% dari penjualan yang sukses. Untuk memasarkan produk ini, para affiliate marketer menggunakan media iklan. Dari sini maka affiliate marketer membayar komisi untuk jaringan iklan misalnya AdSense dan publisher iklan.

Dalam proses ini, affiliate marketer mendapat komisi hingga 50% dari nilai produk. Jaringan iklan dan publisher mendapat kasarannya 1-10% dari nilai produk. Belum lagi komisi tersebut dibagi 2 antara jaringan iklan dan publisher.

Maka dari itulah kalau dihitung secara kasar publisher iklan hanya mendapat 5% dari nilai produk sementara affiliate marketer mendapatkan komisi sampai 50%.Ini yang membuat banyak publisher iklan beralih menjadi CPA marketer.

Dan bila kamu ingin tahu lebih lanjut tentang CPA marketing, ada sebuah perusahaan bernama RESTASIA yang menggunakan sistem CPA marketing, kamu bisa bergabung disana untuk tahu lebih lagi. Restasia merupakan affiliate marketing yang dikelola oleh STAR SHARE.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »