Rollback dan Savepoint dalam Database

ROLLBACK TO SAVEPOINT adalah sebuah fungsi untuk merestore tindakan yang kita lakukan pada SQL, namun pada titik tertentu. Hemmm.... biar mudah, akan ku beri sebuah contoh !. Anggap saja kamu mengetikan sebuah lirik lagu di Ms. Words. Kamu sudah mengetik sebanyak 12 baris. Kemudian, kamu menekan tombol undo 4 kali. Ketika kamu menekan tombol undo kali pertama, kamu akan melihat kalau lirik lagu di baris ke 12 menjadi hilang. Kamu tekan lagi tombol undo nya, lalu lirik pada baris ke 10 dan 11 menjadi hilang. Kamu menjadi gila, lalu kamu tekan lagi tombol undo nya, sehingga baris ke 7, 8 dan 9 menjadi hilang juga. Kamu lalu makin gila, lalu menekan lagi tombol undo nya sehingga semua tulisan mu hilang. Namun, ketika tadi kamu menulis lirik lagu pada baris ke 8, kamu menanamkan savepoint. Jadi, dengan cara memanggil perintah SAVEPOINT, maka kamu seakan- akan melakukan undo hingga baris ke 8 saja. Tindakan memanggil perintah Undo ke titik SAVEPOINT yang sudah kamu buat inilah, yang dinamakan dengan ROLLBACK TO SAVEPOINT.

SAVEPOINT adalah titik yang kamu buat agar ketika kamu memanggil perintah ROLLBACK TO SAVEPOINT, maka kamu akan sampai pada titik tersebut. Pada contoh diatas, SAVEPOINT dibuat pada baris ke-8.

ROLL BACK adalah semacam seperti UNDO. Dia akan membawa kamu kepada tindakan yang di lakukan sebelumnya. Bedanya dengan ROLLBACK TO SAVEPOINT, ROLLBACK "doank" ini hanya akan membawa mu pada satu langkah pada tindakan yang kamu lakukan sebelumnya. Yaaaaa, mirip dengan undo pada contoh diatas lah. Kalau kamu melakukan ROLLBACK, maka seakan- akan (dalam contoh diatas) kamu akan melihat kalau lirik lagu di baris ke 12 menjadi hilang.

PENGERJAAN TUGAS
Masuk ke Sistem
Saat nya mengerjakan tugas ini. Pak Ridwan (Dosen SBD) pertama- tama meminta untuk membuat 6 transaksi dengan menggunakan Query INSERT, UPDATE dan DELETE. Langsung saja, caranya:
1. Masuk ke sistem MySQL

2. Buka XAMPP. Jangan lupa tekan tombol START pada module Apache dan MySQL.
3. Buka browser, lalu ketika: localhost/phpmyadmin.
4. buka CMD.
5. Ketikan:

cd ..
cd ..
cd xampp
cd mysql
cd bin
mysql -u root

Kalau sukses, akan ada tulisan "Welcome to ....". Kalau ada tulisan error, maka kamu gak teliti pasti nulis nya. Jangan lupa, tulisan "cd.." diatas itu menggunakan titik sebanyak DUA. Hasil nya, bisa kamu lihat dibawah ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »