Review Chitika. Apakah Chitika pilihan yang bagus?.

Hai sahabat- sahabat semuanya :) ... ini adalah postingan pertama Mimin, dan Mimin harap dengan postingan ini, Mimin bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan kalian :) ... Kali ini, Mimin akan membahas tentang publisher yang bernama "Chitika", dan pengalaman mimin dalam menggunakan Chitika ini.

Banyak orang yang mengatakan kalau Chitika adalah sebuah alternatif publisher selain Adsense yang patut dicoba. Ya, itu pendapat banyak orang, bahwa Chitika adalah Alternatif pertama selain Adsense. Memang sih, menurut Mimin sendiri, dalam mendaftarkan Blog di Chitika, tidak sesusah mendaftar di Adsense. 

Mimin menganggap blog Chitika hanya akan menghasilkan pemasukan yang lumayan, apabila blog kalian itu membahas tentang komputer/ gadget/ HP. Mengapa Mimin berkata demikian?. Karena Mimin pernah menggunakan jasa Chitika, dan hasilnya sangat tidak memuaskan sekali.

Jadi ceritanya gini; Mimin punya sebuah websites dengan platform blogger. Yap, websites tersebut memiliki domain sendiri (Mimin beli Domain pribadi, dan bukan blogspot lagi). Websites mimin itu memiliki pengunjung rata- rata 400 visitor/ hari. Dan di dalam websites mimin tersebut, Mimin telah memasang script iklan Chitika. Sebagai informasi tambahan, mimin memasang script chitika tersebut di 3 buah websites milik Mimin dengan domain pribadi semua. Rata- rata, setiap websites Mimin memiliki pengunjung 400 visitor/ hari. Jadi, kalau 3 websites, jadinya pengunjung nya adalah 1200 orang/ hari. Mimin pikir itu jumlah yang lumayan lah.

Mimin mencoba menggunakan jasa chitika, memasang  script iklan nya, dan membiarkan nya selama beberapa bulan. Setelah 2 bulan berjalan, Mimin lihat lagi pendapatan mimin dari Chitika tersebut. Kalian tahu berapa pendapatan Mimin yang Mimin lihat pada waktu itu?. Hanya 2 DOLLAR ($2.00 USD). WOOOOW, dalam 2 bulan, dengan pengunjung rata- rata 1.200 orang, hanya menghasilkan uang 2 DOLLAR alias 24 ribu rupiah?. Oooh My God !!!. What’s wrong with this !!...

Selidik punya selidik, Mimin mencoba menyelidiki apa yang terjadi. Dan berikut ini adalah hasil penyelidikan Mimin mengapa pendapatan Mimin begitu mengenaskan...

[1]. Sangat jarang sekali iklan yang tampil. Yang biasanya tampil adalah iklan baris yang kotak- kotak itu tuuh. Nah, jika orang meng-klik iklan tersebut, iklan itu hanya akan menghasilakan NOL KOMA BERAPA CENT gitu, yang artinya hanya beberapa rupiah saja (mungkin jika ada orang yang meng-klik iklan tersebut (iklan yang kotak- kotak itu), kamu hanya akan mendapatkan 100 rupiah saja.

Yang Mimin maksud dengan iklan Kotak- kotak, itu seperti yang tertampil di gambar 1: Iklan Chitika Kotak- Kotak:

Gambar 1. Iklan Chitika Kotak- kotak.

Gambar diatas itu bukan iklan TEXT. Kalau iklan Text dari chitika, adalah seperti gambar 2 berikut ini:

Gambar 2. Iklan TEXT Chitika



[2]. Jarang sekali ada pengiklan dari indonesia, dan iklan dari luar negri jarang ditampilkan untuk blog/ websites yang kebanyakan visitornya dari indonesia. Artinya gini; karena websites Anda itu dari Indonesia, maka tidak ada iklan yang ditampilkan. Hanya iklan kotak- kotak saja yang ditampilkan. Karena tidak ada iklan yang ditampilkan, maka peluang Anda mendapatkan pendapatan (earning) dari blog/ websites Anda pun jadi semakin kecil.

[3]. Iklan kotak- kotak tersebut sangat tidak menarik. Dan karena tidak menarik, otomatis jarang ada orang yang tertarik untuk menge-klik nya. Apalagi, blog/ websites Anda itu kebanyakan pengunjungnya dari Indonesia. Dan, hal ini diperparah bahwa “iklan kota- kotak tersebut” itu tertampil dengan bahasa inggris, yang dimana kebanyakan orang indo itu enggak mengerti bahasa inggris.

Maaf kalau sulit dipahami di poin ketiga ini, Mimin akan jelaskan lebih panjang lebar lagi.... Jadi begini; Misalkan blog Anda itu membahas tentang funiture. Karena pengunjung blog Anda itu kebanyakan dari Indonesia, yang disisi lain Chitika sangat sedikit memiiki pengiklan dari Indonesia, maka Chitika bisa dibilang tidak memiliki iklan yang ditampilkan untuk websites Anda. Meskipun Chitika tidak memiliki iklan yang ditampilkan, Chitika pun memiliki sistem untuk menampilkan iklan Text (iklan kotak- kotak yang Admin sebutkan tadi). Dan sekarang, coba bayangkan, bila Anda melihat iklan text Chitka tersebut, yang bertuliskan seperti ini; “Best Funiture... Big Funiture... Buy Wood... dll”, siapa sih yang mengerti tentang tampilan iklan text kayak gitu !? (bukan nya tidak ada yang mengerti, namun sedikit orang yang akan mengerti jenis iklan text seperti itu). Nah, karena itulah (karena Chitka tidak memiliki pengiklan dari Indonesia), dia –Chitika tadi- menampilkan iklan text saja. Dan karena tidak ada banyak orang yang mengerti tentang iklan text seperti itu, maka peluang iklan Text (iklan kotak- kotak tadi) untuk di-KLIK, maka peluang Anda mendapatkan uang pun sedikit.


Mimin akan jelaskan hal ini lebih lanjut yah... Bayangkan, kemungkinan KLIK yang didapatkan, antara sebuah iklan yang ditampilan dengan gambar yang menarik atau deskripsi text yang jelas, dengan iklan kotak- kotak (iklan text Chitika) dengan deskripsi yang tidak jelas atau tampilan yang tidak dimengerti !?. Kalo menurut Mimin, kemungkinan klik akan lebih besar didapatkan apabila iklan yang tertampil itu menarik atau deskripsinya jelas (apabila iklan yang ditampilkan adalah iklan Text).


Nah, soal tentang yang Mimin katakan sebelumnya; bila blog Anda itu membahas tentang GadGet/ PC/ Handphone, maka kemungkinan besar Anda mungkin bisa mendapatkan uang yang cukup lumayan. Karena sepengalaman Mimin dalam menyelidiki hal ini, Chitika punya cukup banyak pengiklan dari jenis PC/ Handphone seperti ini. Jadi, karena Chitika memiliki iklan jenis PC/ Hanphone/ Laptop yang ditampilkan. Meskipun Mimin enggak tahu berapa besar harga atas satu klik iklan yang akan didapatkan atas iklan jenis seperti itu.

Sekali lagi, pengalaman Mimin dalam menggunakan jasa Chitika selama 2 bulan, yang dimana script iklan milik Chitika tersebut mimin pasang di 3 websites dengan total visitor di ketiga websites tersebut adalah sebanyak 1.200 visitor/ hari, pendapatan Mimin dalam 2 bulan adalah sebanyak DUA DOLLAR... Sekali lagi (karena masih gemes dan jengkel... hehheee0 DUA D@@LAR $2.00 USD. ini pengalaman asli Mimin dalam menggunakan Chitika.

Mimin enggak tahu, mengapa Chitika bisa dibilang alternatif selain Adsense (bagi kebanyakan orang). Bagi mimin, daripada menggunakan Chitika, lebih baik Mimin menggunakan PPC lokal. Mengapa?. Jika kalian penasaran terhadap alasan Mimin lebih memilih Advertiser lokal selain Chitika, lihat disini: Chitika VS Advertiser Lokal.

Karena artikel mimin ini sudah panjang lebar, mimin akan sudahi dulu yah. Bagi yang ingin tahu ini blog Apa?. Silakan lihat disini: Tentang Blog PC Internet Akses.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Mimin. Yang nanti berkunjung balik, Mimin doa kan sukses dalam kehidupan nya .. hehehee.. Bye Byeeee .......

Share this

Related Posts

First